Dosen PGSD FIP UNESA Berangkat ke Negeri Jiran Guna Adakan Pelatihan Pembelajaran Berdiferensasi.
![](https://statik.unesa.ac.id/pgsd/thumbnail/c0d31306-00ab-42b2-a2f4-3f15492458bb.jpg)
Dosen PGSD FIP UNESA Berangkat ke negeri jiran guna Adakan Pelatihan Pembelajaran Berdiferensasi
Pgsd.fip.unesa.ac.id
– Kapasitas dan Kapabilitas guru sangatlah penting untuk ditingkatkan dan dikembangkan hal ini dikarenakan, Kapasitas
dan kapabilitas guru adalah elemen kunci dalam memberikan pendidikan yang
berkualitas. Guru yang memiliki kapasitas yang baik mampu mendesain rencana
pembelajaran yang efektif, mengelola prosedur pembelajaran dengan baik, dan
membangun hubungan interpersonal yang positif dengan siswa.
Guna
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas guru dapat ditunjukkan dalam pengelolaan
pembelajaran berdiferensasi di sekolah dasar untuk mendukung keberhasilan
implementasi kurikulum Merdeka. Hal ini menjadikan dasar munculnya ide
cemerlang Tim PKM dari Prodi PGSD FIP UNESA dan S3 Teknologi Pendidikan yang
memberikan pelatihan kepada guru – guru sekolah dasar di Malaysia.
Pelatihan
tentang pengelolaan pembelajaran berdefirensiasi tersebut dilaksanakan pada
tanggal 21 juli 2024 di sekolah Indonesia di Malaysia. Salah satu dosen PGSD yaitu
Prof Dr. Suryanti, M.Pd menjadi narasumber pada pelatihan tersebut tekait
dengan pengelolaan pembelajaran berdiferensasi mulai dari perencaaan hingga
evaluasi pembelajaran berdiferensasi.
Ia
membekali guru dengan menyampaikan tips and trik meningkatkan keterampilan guru
dalam merancang pembelajaran. Ia mengatakan Guru bertanggung jawab untuk
merancang pembelajaran yang dapat memenuhi beragam kebutuhan belajar siswa
serta mengoptimalkan potensi masing-masing siswa di sekolah-sekolah khususnya
di sekolah Indonesia di Johor Bahru,
Malaysia. Hal ini dapat dilakukan melalui pendekatan studi kasus dan penerapan
metode strategis dalam pengajaran. Dengan demikian, peserta pelatihan dapat
merefleksi proses yang telah di lalui tersebut.
Penulis
: Ria Risky Syah Putri Ayu Fadilla