WEBINAR PGSD SERIES 1 Dengan Tema "Penyusunan Soal Hots Matematika Sekolah Dasar Berbasis Etnomatika"
![](https://statik.unesa.ac.id/pgsd/thumbnail/7bf43259-1446-42cc-804a-f0ea46d5a2b3.jpeg)
Jurusan S1 PGSD FIP UNESA Menyelenggarakan
Webinar Series ke-1 pada 30 Juli 2021 yang mengangkat tema “ PENYUSUNAN SOAL
HOTS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA”. Webinar ini terselenggara dengan lancar,
semangat dan interaktif karena peserta dan pemateri webinar sangat antusias.
Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 200 participant
yang terdiri dari Mahasiswa selingkung FIP UNESA, Dosen selingkung FIP
UNESA dan Guru Sekolah Dasar dari beberapa daerah yang berbeda di Indonesia dan
seorang guru Sekolah Indonesia Nederlands dari Belanda. Webinar ini akan
berlanjut pada series berikutnya. Pada Seri 1 dari serangkaian Webinar yang
akan diselenggarakan jurusan PGSD ini pematerinya adalah Ibu Neni Mariana S.Pd.,
M.Sc .Ph.D yaitu dosen bidang Pendidikan Matematika di PGSD UNESA.
Webinar Series 1 kali ini dibuka oleh pembawa acara, yaitu Ibu Nadia Lutfi
Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia
Raya dan sambutan oleh Kajur PGSD UNESA
yaitu Bapak Drs. Mintohari, M.Pd. Bapak Mintohari mengatakan topik pada Webinar
ini sangat cocok dan menarik untuk guru maupun mahasiswa calon guru Sekolah
Dasar. Setelah sambutan acara diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Hendrik
Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
Webinar dipandu dan dimoderasi oleh Ibu Ika
Rahmawati, S.Si., M.Pd. Beliau membacakan CV Pemateri yaitu Ibu Neni Mariana S.Pd.,
M.Sc .Ph.D, yang merupakan dosen PGSD UNESA yang menempuh jenjang Magister dan
Doktoral di luar negeri, tepatnya di Belanda dan Australia. Materi yang disampaikan diberi waktu sekitar
40 menit. Materi disampaikan dengan runtut dan interaktif mulai dari latar
belakang hingga praktek untuk menganalisis soal HOTS.
Di awal, pemateri menyampaikan latar
belakang mengangkat tema “ PENYUSUNAN SOAL HOTS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
BERBASIS ETNOMATEMATIKA”. Menurut pemateri menyusun soal matematika dengan
mempertimbangkan HOTS dan berbasis etnomatematika merupakan (1) amanah
dari UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, (2)
amanah kurikulum dengan pendekatan saintifik (5M) dan tematik terintegrasi, (3) era Industri 4.0 yang menuntut
peserta didik untuk memiliki kemampuan abad ke-21 ( Critical thinking, Creativity,
Communication, and Colaboration), dan (4)
Era
Society 5.0 (masyarakat berbasis teknologi) yang diimbangi dengan etnomatemika
sehingga aplikasi yang diciptakan dapat menjadikan kita sebagai manusia yang baik.
Setelah
menyampaikan latar belakang pemateri menyampaikan pengertian tetnang HOTS
(Higher Order Thinking Skill). Pemateri mengajak peserta untuk mengemukakan
3 hal yang ada di pikiran mengenai HOTS. Ternyata kata yang muncul paling
banyak adalah Kritis dan Kreatif. Indikator kritis mengacu pada taksonomi Bloom
yang direvisi oleh Anderson dan Krathwohl mengenai enam level kognitif.
Berpikir kritis berada pada level C4-C5. Sedangkan berpikir kreatif dinilai
dari seberapa fleksibel, original, baru dan banyak jawaban atau cara menjawab
dari soal matematika yang diajukan.
Setelah
menjelaskan tentang soal HOTS pemateri menghubungkannya dengan etnomatematika.
Soal HOTS dapat dibuat dengan menyisipkan etnomatematika di dalamnya. Pemateri
menyontohkan (1) Tunjukkan dua
cara yang berbeda yang kalian gunakan untuk menghitung zakat fitrah yang akan
dikeluarkan di keluarga kalian! (2) Buatlah damar kurung berbagai ukuran yang bisa
dimasukkan ke dalam kardus yang berukuran 90
cm x 60 cm x 30 cm. Berapa banyak damar kurung yang kalian hasilkan bisa
muat ke dalam kardus tersebut? (3) Sebuah bungkus Indomie ditemukan di bibir pantai
setelah 19 tahun dan belum hancur sepenuhnya. Berapa banyak sampah plastik yang
kalian gunakan dalam sehari dan berapa usia kalian saat sampah-sampah tersebut
yang kalian gunakan hari ini benar-benar bisa hancur?
Penjabaran
pemateri mengenai soal HOTS berbasis etnomatematika memicu banyak respon
positif dan pertanyaan dari para peserta. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul
dari para guru sangat kritis dan reflektif serta relevan dengan kondisi yang
mereka alami.
Nah,
itulah isi webinar series 1 kali ini sangat menarik bukan ? Tunggu saja
topik-topik menarik lainnya di Webinar series berikutnya. Stay tuned juga di
Media Sosial PGSD UNESA untuk kabar selanjutnya. Follow IG kami @pgsdunesa,
YouTube channel kami @PGSDUNESA dan Website kami http://pgsd.fip.unesa.ac.id/.
Sampai jumpa di Webinar PGSD berikutnya.
(Isn_sy)