WEBINAR PGSD SERIES 2 "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM DARURAT COVID-19"
![](https://statik.unesa.ac.id/pgsd/thumbnail/027378a0-6371-4697-a3bb-8110ce9e0765.jpeg)
Surabaya (13/08/21). Jurusan PGSD kembali mengadakan webinar seri ke-2 pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 dengan mengusung tema 'Optimalisasi Pelaksanaan Pembelajaran di SD dalam Perspektif Kurikulum Darurat Covid-19'.
Webinar dimulai tepat pukul 08.00 dan dibuka oleh MC Bapak Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd. serta diikuti lebih kurang sebanyak 200 partisipan. Selain melalui zoom meeting, kegiatan webinar ini juga ditayangkan melalui kanal YouTube PGSD Unesa. Pembicara dalam webinar seri ke-2 kali ini yaitu Bapak Dr. Wiryanto, M.Si. dan dipandu oleh moderator Ibu Farida Istianah, S.Pd., M.Pd. dengan materi yang diusung yakni beberapa kendala yang dialami baik dari sudut pandang guru, orangtua bahkan siswa. Tidak hanya mengulas permasalahan yang hadir di tengah pembelajaran masa pandemi, beliau juga memgulas mengenai solusi alternatif yang ditawarkan.
Salah satu contoh permasalahan yang dibahas adalah komunikasi guru dengan orang tua sebagai mitra belajar siswa di rumah, dan faktanya tidak semua orang tua dapat mendampingi anak belajar di rumah dan tidak semua orang tua memiliki kuota internet yang menjadi kunci utama dalam pembelajaran daring selama pandemi. Solusi yang ditawarkan adalah dengan pemberian kuota gratis yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Solusi selanjutnya yakni, mengikuti pembelajaran dari rumah melalui siaran langsung pada saluran TV pemerintah TVRI. Tak lupa Bapak Dr. Wiryanto, M.Si. juga memberikan contoh modul yang dapat digunakan oleh orang tua sebagai pendamping belajar anak di rumah
Beliau juga menyampaikan mengenai prinsip dan kebijakan pendidikan di masa pandemi, yaitu: (1) Mengutamakan kesehatan keselamatan dan keamanan dalam pembelajaran; (2) Menyesuaikan dengan karakteristik siswa dan infrastruktur wilayah serta kondisi perekonomian siswa serta (3) Menyiapkan pembelajaran kratif kolaboratif dan komunikatof sehingga pengajaran dapat efisien.
Webinar ditutup pukul 10.30 dengan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Salah satu inti dari isi webinar kali ini adalah jawaban Bapak Dr. Wiryanto, M.Si atas pertanyaan Salah satu peserta yakni 'Bagaimana cara mengukur efektifitas hasil kerja siswa dalam pembelajaran online yang hasil kerjanya ada campur tangan dari hasil orang tua?' . Jawaban yang diberikan adalah sebagai berikut: “Kita tidak dapat memantau selalu bagaimana keterlibatan siswa di rumah. Jadi, sebagai orang tua kita harus mengetahui porsi bagaimana keterlibatan orang tua dalam pekerjaan sekolah. Namun dalam masa pandemi kali ini sah-sah saja bahwa orang tua mebantu siswa untuk mengerjakan tugas sekolah namun tugas orang tua juga harus memberikan pemahaman atas jawaban dari siswa.
(isn)